Beranda

TANDA DAN CIRI-CIRI MELANOMA

 

 

 

Melanoma adalah suatu bentuk kanker kulit yang serius. Kanker kulit Melanoma adalah jenis  kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin inilah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Dan ada beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan seseorang terserang kanker kulit Melanoma, antara lain :

  • Faktor genetik.
  • Melanocytic nevi.
  • Faktor lingkungan (sering terpapar sinar UV).
  • Faktor trauma biologis yang berkepanjangan.

Namun Melanoma seringkali dapat disembuhkan jika kita bisa mengenali gejala dan menemukannya sejak dini. Gambar melanoma ini dapat membantu kita menentukan apa yang harus dicari.

Berikut kami sajikan beberapa tanda atau gejala Melanoma. American Academy of Dermatology menyarankan agar kita memperhatikan tanda bintik-bintik kulit ini:

A.) Asimetri

B.) Ketidakteraturan Perbatasan

C.) Perubahan Warna

D.) Diameternya lebih dari 1/4 inci (sekitar 6 milimeter)

E.) Berkembang

Hal ini bisa terjadi di seluruh tubuh, tapi beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kemunculannya adalah ; Wajah, Tangan, Kaki, dan Punggung. Ikuti panduan ABCDE ini untuk menentukan apakah tahi lalat yang tidak biasa atau bercak mencurigakan pada kulit kita mungkin adalah melanoma.

  A.) Asimetri

Pertumbuhan kulit yang asimetris, di mana satu bagian berbeda dari yang lain, dapat menjadi ciri dari melanoma. Di sini, sisi kiri tahi lalat berwarna gelap dan sedikit terangkat, sedangkan sisi kanan berwarna lebih terang dan datar.

B.) Ketidakteraturan Perbatasan

Melanoma mungkin memiliki batas yang tidak jelas. Pertumbuhan dengan batas tidak teratur, berlekuk, atau bergigi perlu diperiksa oleh dokter.

  C.) Perubahan Warna

Adaya distribusi warna yang tidak merata dapat mengindikasikan kanker.

  D.) Diameternya

Ukuran yang besar yang terbentuk di kulit mungkin merupakan indikasi kanker. Minta dokter Anda memeriksa pertumbuhan yang lebih besar dari diameter penghapus pensil – sekitar 6 milimeter (1/4 inci).

E.) Berkembang

Tahi lalat yang ditampilkan di sini tidak sesuai dengan kriteria lain – ukuran, bentuk, warna, atau pola. Tetapi perhatikan tahi lalat seperti ini dengan cermat untuk melihat perubahan, karena sedikit ketidakteraturan warna.

Carilah perubahan dari waktu ke waktu, seperti tahi lalat yang semakin besar atau yang berubah warna atau bentuk. Tahi lalat juga dapat berkembang untuk mengembangkan tanda dan gejala baru, seperti gatal atau pendarahan baru.

 

Punya Masalah Kulit dan Jerawat, Konsultasikan Sekarang Pada Ahlinya

Anda akan di pandu langsung oleh dokter kecantikan yang sudah berpengalaman.

Share It

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

×